PEMBOBOLAN (KEJAHATAN, PENIPUAN, dll) TERHADAP ATM #Part 2

Polisi-jaga-ATMKEJAHATAN ATM # 2 : PERUSAKAN ATM (Vandalisme).

Kasus dengan modus ini mengincar kelemahan dari mesin ATM itu sendiri, dan yang diincar adalah uang di dalam mesin, dalam kasus ini adalah uang milik bank. Untuk modus ini pelaku cukup paham dengan mesin ATM (cara kerja, infrastrukturnya, dll).
Yang dapat dikategorikan PERUSAKAN ATM (Vandalisme) di antaranya adalah:

1. Fishing Money.

fishing MoneySeperti namanya, modus ini benar-benar secara harfiah berarti “memancing uang”.

Yang perlu diketahui dari mesin ATM, mayoritas mesin ATM biasanya terdiri dari dua bagian, bagian atas yang menyimpan mayoritas dari tetek bengek seperti ATM Monitor, Card Reader, CPU ATM, alat untuk menyimpan Roll Resi ATM dll. Yang kedua adalah bagian bawah, brankasnya (kluis, kalo orang bank bilang atau orang storing ATM), yang menyimpan uang yang disimpan di kotak2 uang (cassette/catridge).

Ketika kita mengambil uang, uang akan ditarik dari cassette tersebut dan melalui jalur dibelakang mesin ATM (bayangkan conveyor belt) yang membawa uang tempat keluar uang.

Uang yang tidak diambil oleh nasabah, uang yang terlipat, uang yang menempel satu sama lain, tidak dibawa keluar ke slot tersebut, tapi masuk ke kotak khusus yang disebut kotak reject/Divert, kotak ini biasanya selalu berisi sedikit uang.

Pembobolan ATM dengan menggunakan modus Fishing Money bekerja dengan menyalahgunakan pengetahuan tersebut. Beberapa model mesin ATM, memiliki kotak reject yang dekat dengan slot keluar uang, sehingga pertama-tama pelaku merusak pintu slot keluar uang di mesin ATM, karena slot tersebut normalnya tidak bisa dibuka.Kemudian pelaku menggunakan penjepit untuk mengakses kotak reject tersebut dan mengambil uangnya yang dalam kotak tersebut.

Pembobolan ATM dengan menggunakan modus Fishing Money menurut saya tidak menghasilkan banyak uang, hanya recehan, dan mengambil uangnya juga nyicil. Lagi pula, mayoritas ATM model baru sudah tidak bisa dilakukan Fishing Money.

2. Pencurian/Pembobolan ATM (ATM burglary)

BISNIS-01-ATM-DIBOBOLModus kedua ini cukup serius, dimana mesin ATM dibongkar ditempat, atau dibawa lari menggunakan kendaraan.

ATM normalnya dilengkapi oleh angkur (anchor = jangkar) atau dynabolt, dimana bagian bawah mesin ATM dipasang kotak besi berbentuk bujur sangkar (angkur) atau dipasang baut berukuran besar, yang kemudian ditanam ke dalam lantai dimana ATM tersebut disimpan. Ada beberapa ATM yang tidak bisa dilengkapi alat ini, biasanya karena keterbatasan kemampuan lokasi, misalnya lokasi di lantai 2 atau di dalam Mal.

Kekuatan angkur dan dynabolt sudah cukup untuk menahan mesin diangkat menggunakan dongkrak atau linggis. Namun pelaku pembobolan ATM dengan modus seperti ini biasanya membawa mobil atau bahkan truk atau biasanya memakai forklift tapi ini udah nekat beneran, dan bisa ditebak, mobil diparkir didepan ATM, lalu mesin ATM ditarik dengan rantai besi dan digulingkan.

Jumlah pelaku biasanya berjumlah lebih dari 5 orang, karena cukup berat mengangkat mesin ATM ke atas mobil. Modus ini biasa dilakukan pada tengah malam hingga dini hari, dan pelakunya bersenjata bahkan  dari beberapa kasus yang terbongkar melibatkan anggota Angkatan yang desersi. Kasus-kasusnya banyak dilakukan pada tahun 2007-2009 sampai sekarang.Modus seperti ini membutuhkan modal besar, dan resikonya pun tinggi namun hasilnya juga tinggi, tapi mesti dibagi-bagi seperti kata orang “high risk, high return”, hehe… mau nya yang instant aja. usaha-usaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s